Apa Itu Investasi Reksadana Online? Begini Penjelasannya

Beberapa tahun belakangan ini, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya berinvestasi. Tidak heran, jika para penyedia layanan investasi juga banyak yang melakukan inovasi untuk semakin mempermudah calon investor menanamkan modal. Misalnya dengan membuka kesempatan bagi para calon investor tersebut untuk bisa berinvestasi secara online. 

Salah satu investasi yang sekarang bisa dilakukan secara online adalah investasi reksadana online. Nah, bagi Anda yang sedang berpikir untuk melakukan investasi tersebut, tentu harus mengenal tentang hal tersebut. Untuk itu, di artikel ini akan membahasnya secara singkat. Mari simak!

Investasi Reksadana Online Adalah

Dilihat dari namanya, investasi ini merupakan investasi reksadana yang bisa dilakukan secara online atau daring. Di sini agen penjual reksadana online hanya merupakan perantara bagi investor dengan bank custodian dan manajemen investasi. Jika Anda membeli reksadana online, uang Anda akan masuk secara langsung ke dalam rekening reksadana yang diambil serta administrasi akan dikelola oleh bank.

Selanjutnya agen penjual efek dapat untuk bekerja sama dengan pihak yang lain agar bisa menjangkau lebih besar pasar. Untuk keamanan investasi reksadana online baik melalui e-commerce maupun agen sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan begitu, Anda dan para calon investor yang lain tidak perlu khawatir akan menanamkan modal di investasi bodong. 

Namun, meski keamanan dari reksadana online sudah terjamin, Anda tetap harus untuk memperhatikan baik-baik dan teliti mengenai situs penjual. Selain itu, Anda juga harus sangat hati-hati dalam melakukan pengisian data. Supaya Anda tahu dan lebih aman, umumnya situs penjual reksadana online yang aman akan mempunyai tanda seperti gembok di bagian sebelah kiri atas. Lalu jika Anda ingin membeli reksadana online (di https://www.most.co.id/reksa-dana misalnya), sebaiknya Anda menggunakan perangkat seperti laptop atau komputer pribadi, dan hindari untuk menggunakan perangkat umum. Hal itu tentu untuk menghindari penyalahgunaan dari orang lain yang menggunakan perangkat sama dengan Anda nantinya. 

Proses dari reksadana online ini dapat dikatakan cukup cepat. Anda hanya perlu menunggu sekitar dua sampai tiga hari proses di bank. Sedangkan jika produk reksadana khusus yang disediakan oleh e-commerce, akan cukup mungkin Anda bisa menjadi investor atau nasabah dalam waktu satu hari setelah melakukan transaksi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *