Panduan Mudah Memandikan Bayi

Mayoritas orang tua baru pasti merasa kebingungan bagaimana cara yang tepat untuk memandikan bayi. Padahal memandikan bayi menjadi salah satu momen yang dinantikan untuk orang tua. Jika anda ingin tahu lebih lanjut tentang tips mandi air hangat untuk anak simak terus artikel ini hingga tuntas. 

Waktu yang Tepat Memandikan Bayi

Sebenarnya berdasarkan berbagai penelitian menunjukkan bahwa bayi baru lahir tidak membutuhkan mandi yang terlalu sering. Alasannya karena apabila bayi terlalu sering mandi nantinya kulit bayi akan kering dan mempercepat membuat bayi merasa tidak nyaman. Sebenarnya untuk tahun pertama, memandikan bayi cukup 3 kali seminggu, meskipun hanya tiga kali seminggu tapi anda tetap harus membersihkan muka, leher, tangan, pantat dan bagian kemaluan setiap hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari bakteri yang akan berbahaya untuk bayi.

Kapan waktu yang tepat untuk memandikan bayi? Hal yang harus anda tahu sebenarnya memandikan bayi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Banyak orang tua yang belum paham dan memandikan bayi segera setelah bayi mengonsumsi ASI. Padahal hal ini sebaiknya dihindari karena memandikan bayi setelah makan membuat bayi merasa tidak nyaman. Ketika bayi selesai mengonsumsi ASI perutnya akan terasa penuh, ketika dimandikan nantinya akan memberi tekanan pada perut dan hal ini bisa berakibat muntah pada bayi. 

Cara Memandikan Bayi dengan Tepat

Sebelum memandikan bayi maka anda harus mempersiapkan berbagai jenis perlengkapan untuk bayi mandi. Peralatan yang sering digunakan diantaranya waslap, ember atau bak mandi, popok kering, pakaian ganti,handuk, sabun dan sampo khusus bayi (tidak diharuskan).

Tips mandi air hangat untuk anak pastikan alas yang anda gunakan merupakan meja datar atau lantai datar, lalu anda bisa membaringkan bayi terlentang dengan memegang bagian belakang kepala dan leher menggunakan satu tangan. Mulailah dengan mengusap tubuh bayi dari kepala, wajah, telinga, dada, lalu punggung dan terakhir kaki. Jangan lupa untuk membersihkan kelopak mata, sela – sela tubuh serta alat kelamin bayi dengan waslap. Cek pemanasairindonesia.com untuk melihat produk pemanas air berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *